Apa itu PHP?

PHP? apa itu yaa?
yang lagi galau, pasti udah ga asing lagi deh dengan singkatan ini.
biasanya sih cowok nih yang sering banget PHP ke ceweknya.
ups, buat para cowok jangan pada marah ya, ga semuanya kok tapi mayoritas lah.
eitss, tapi ini bukan tentang PHP yang itu yaa.





PHP yang dimaksud adalah Hypertext Preprocessor.
yap, ini adalah sebuah bahasa scripting yang di balut dengan HTML, yang di jalankan di sisi server. Oleh karena itu PHP bisa melakukan apa saja yang dapat dilakukan program CGI lainnya, yaitu mengolah data dengan tipe apapun, menciptakan halaman web yang dinamis, serta menerima dan menciptakan cookies, dan masih banyak lagi.
Sebagian besar perintahnya berasal dari C, Java, dan Perl dengan beberapa tambahan fungsi khusus PHP.

PHP dapat berjalan pada semua jenis system operasi, antara lain pada Linux dan varian Unix, Ms Windows, Mac dan masih banyak lagi. Selain itu PHP juga dapat berjalan pada beberapa jenis web server antara lain Apache, Microsoft IIS, personal webserver, Netscape dan Iplanet Server, Caudium, Xitami, Omnihttpd, dan masih banyak lagi.

Output yang dihasilkan oleh PHP bukan hanya HTML, namun juga dalam bentuk gambar, file PDF, serta gambar animasi menggunakan Libswf dan Ming.

Oh iyaa, daritadi udah ngomongin PHP tapi ga tahu siapa penciptanya yaa?
PHP di ciptakan oleh progammer unix dan perl yang bernama Rasmus Lerdoft pada tahun 1994. Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam website pribadinya dengan maksut untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi websitenya.

-dari berbagai sumber-
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment