Diagram Fishbone

Haloo,, udah setahun ya ga update blog lagi. huft
Okee, langsung pada topik

Diagram Fishbone 

apa diagram fishbone? awalnya pas dikasih tugas ama dosen suruh cari artikel ini sempet salah keyword di google, haha. saking ga ngerti dan ga pernah tahu ama diagram fishbone ini. *curhat dikit

Diagram Fishbone :

- wikipedia : adalah diagram yang menunjukkan penyebab-penyebab dari sebuah even yang spesifik

yaa, diagram fishbone merupakan salah satu metode / tool dalam meningkatkan kualitas. Sering juga diagram ini disebut dengan diagram Sebab-Akibat. Masih bingung? sama, hehe. yuuk lanjut

Diagram ini digunakan untuk menyelesaikan masalah sampai ke akarnya, penemunya Dr. Kaoru Ishikawa. Orang Jepang ini ditengarai sebagai orang pertama yang memperkenalkan 7 alat atau metode pengendalian kualitas yakni fishbone diagram, control chart, run chart, histogram, scatter diagram, pareto chart, dan flowchart *wooow, daebak

Dikatakan Diagram Fishbone karena memang berbentuk mirip dengan tulang ikan yang moncongnya menghadap ke kanan.

blank fishbone diagram, sumber : marketergizmo.com
Nah, dilihat dari gambar di atas diagram fishbone menunjukkan hubungan antara sebab dan akibat (causes and effect)

Gimana cara pembuatan diagram fishbone nya?

  1. Mengidentifikasi Akibat / Effect nya secara spesifik lalu letakkan dibagian moncong sebelah kanan (Kepala Ikan)
  2. Mengidentifikasi berbagai kategori sebab utama (ditaruh di tulang ikan yg paling besar atau di gambar bagian kotaknya)
  3. Brainstroming atau rembukan. Menemukan sebab-sebabnya dengan cara berdiskusi dengan tim dengan cara mengembangkan pertanyaan "MENGAPA?"
  4. Mencapai kesepakatan atas sebab-sebab yang paling mungkin dan mulai di investigasi  

- Di tahapan nomor 2, ada kalimat 'berbagai kategori' maksudnya apa nih?
Kategori yang dimaksud di sini adalah panduan untuk merumuskan faktor-faktor utama :

  • 4 M (untuk perusahaan manufaktur) => Machine, Method, Material, Man
  • 8 P (untuk industri jasa) => People, Process, Policies, Procedures, Price, Promotion, Place, Product
  • 4 S ( untuk industri jasa) => Surroundings, Suppliers, Systems, Skills
  • 4 P (untuk manajemen pemasaran) => Price, Product, Place, Promotion

Nah, yaa kira-kira seperti itulah diagram fishbone dibuat, semoga sedikit yang saya share bisa dimengerti. Selanjutnya learning by doing aja sih yaa. hehehe 

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment